Definisi Multimedia
Multimedia adalah suatu sarana (media) yang
didalamnya terdapat perpaduan (kombinasi) berbagai bentuk elemen informasi,
seperti teks, graphics, animasi, video, interaktif maupun suara sebagai pendukung
untuk mencapai tujuannya yaitu menyampaikan informasi atau sekedar memberikan
hiburan bagi target audiens-nya.
Definisi Multimedia menurut beberapa ahli :
- Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk, 2002)
- Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)
- Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter (2001) adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
- Multimedia sebagai perpaduan antara teks, grafik, sound, animasi, dan video untuk menyampaikan pesan kepada publik (Wahono, 2007)
- Multimedia merupakan kombinasi dari data text, audio, gambar, animasi, video, dan interaksi (Zeembry, 2008)
- Multimedia (sebagai kata sifat) adalah media elektronik untuk menyimpan dan menampilkan data-data multimedia (Zeembry, 2008)
Multimedia
interaktif menggabungkan dan mensinergikan semua media yang terdiri dari: a)
teks; b) grafik; c) audio; dan d) interaktivitas
a.
Teks
Teks adalah
simbol berupa medium visual yang digunakan untuk menjelaskan bahasa lisan. Teks
memiliki berbagai macam jenis bentuk atau tipe (sebagai contoh: Time New Roman,
Arial, Comic San MS), ukuran dan wana. Satuan dari ukuran suatu teks terdiri
dari length dan size. Length biasanya menyatakan
banyaknya teks dalam sebuah kata atau halaman. Size menyatakan ukuran
besar atau kecil suatu huruf. Standar teks memiliki size 10 atau 12 poin.
Semakin besar size suatu huruf maka semakin tampak besar ukuran huruf
tersebut.
b.
Grafik
Grafik adalah
suatu medium berbasis visual. Seluruh gambar dua dimensi adalah grafik. Apabila
gambar di render dalam bentuk tiga dimensi (3D), maka tetap disajikan
melalui medium dua dimensi. Hal ini termasuk gambar yang disajikan lewat
kertas, televisi ataupun layar monitor. Grafik bisa saja menyajikan kenyataan (reality)
atau hanya berbentuk iconic. Contoh grafik yang menyajikan kenyataan adalah
foto dan contoh grafik yang berbentuk iconic adalah kartun seperti gambar yang
biasa dipasang dipintu toilet untuk membedakan toilet laki-laki dan perempuan.
Grafik
terdiri dari gambar diam dan gambar bergerak. Contoh dari gambar diam yaitu
foto, gambar digital, lukisan, dan poster. Gambar diam biasa diukur berdasarkan
size (sering disebut juga canvas size) dan resolusi. Contoh
dari gambar bergerak adalah animasi, video dan film. Selain bisa diukur dengan
menggunakan size dan resolusi, gambar bergerak juga memiliki durasi.
c.
Audio
Audio atau
medium berbasis suara adalah segala sesuatu yang bisa didengar dengan
menggunakan indera pendengaran. Contoh: narasi, lagu, sound effect,
back sound.
d.
Interaktivitas
Interaktivitas
bukanlah medium, interaktivitas adalah rancangan dibalik suatu program multimedia.
Interaktivitas mengijinkan seseorang untuk mengakses berbagai macam
bentuk media atau jalur didalam suatu program multimedia sehingga program
tersebut dapat lebih berarti dan lebih memberikan kepuasan bagi pengguna.
Interaktivitas dapat disebut juga sebagai interface design atau human
factor design. Interaktivitas dapat dibagi menjadi dua macam struktur,
yakni struktur linear dan struktur non linear. Struktur linear
menyediakan satu pilihan situasi saja kepada pengguna sedangkan struktur
nonlinear terdiri dari berbagai macam pilihan kepada pengguna.
Green &
Brown (2002: 3) menjelaskan, terdapat beberapa metode yang digunakan dalam
menyajikan multimedia, yaitu:
a. Berbasis
kertas (Paper-based), contoh: buku, majalah, brosur.
b.Berbasis
cahaya (Light-based), contoh: slide shows, transparasi.
c. Berbasis
suara (Audio-based), contoh: CD Players, tape
recorder, radio.
d. Berbasis
gambar bergerak (Moving-image-based), contoh: televisi, VCR (Video
cassette recorder), film.
e. Berbasiskan digital (Digitally-based),
contoh: komputer.
Manfaat Multimedia :
- Media Pembelajaran
- Game
- Film
- Medis
- Militer
- Bisnis
- Desain
- Arsitektur
- Olahraga
- Hobi
- Iklan / Promosi, dll
source :
http://hartina129b.blogspot.com/2013/04/pengertian-multimedia-dan-contohnya.html
http://wikipedia.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar