1. Multimedia
Interaktif
Pengguna/ user
dapat mengontrol secara penuh mengenai apa dan kapan elemen multimedia akan
ditampilkan atau dikirimkan. Contoh: Game, CD interaktif, apilkasi program,
virtual reality,dll
2. Multimedia Hiperaktif
Multimedia
jenis ini mempunyai struktur dengan elemen elemen terkait yang dapat diarahkan
oleh pengguna melalui tautan(link) dengan elemen elemen multimedia yang ada.
Isitilah Richmedia juga dipakai untuk menyebut Multimedia Hiperaktif. Contoh:
world wide web, web site, mobile banking, Game on line, dll
3. Multimedia
Linear / Squential
Multimedia
Liner adalah jenis multimedia yang berjalan lurus. Multimedia jenis ini bisa
dilihat pada semua jenis film, tutorial video, dll. sedangkan Multimedia Interaktif
adalah jenis multimedia interaksi, artinya ada interaksi antara media dengan
pengguna media melalui bantuan komputer, mouse, keyboard dan sebagainya.
Multimedia linear berlangsung tanpa kontrol navigasi dari pengguna. Penyajian
multimedia liner harus berurutan atau sekuensial dari awal sampai akhir.
Contoh: Movie/film, e-book, musik, siaran TV
4. Multimedia
presentasi pembelajaran .
Multimedia
presentasi pembelajaran adalah alat bantu guru dalam proses pembelajaran
dikelas dan tidak menggantikan guru secara keseluruhan. Contohnya Microsoft
Power Point.
5. Multimedia
pembelajaran mandiri.
Multimedia
pembelajaran mandiri adalah sofware pembalajaran yang dapat dimanfaatkan oleh
siswa secara mandiri tanpa bantuan guru. Multimedia pembelajaran mandiri harus dapat
memadukan explicit knowledge dan tacit knowledge , mengandung fitur assemen
untuk latihan,ujian dan simulasi termasuk tahapan pemecahan masalah. Contohnya
Macromedia Authorware atau Adobe Flash.
6. Multimedia
kits
Multimedia
kits adalah kumpulan pengajaran ? bahan pembelajaran yang melibatkan lebih dari
satu jenis media dan diorganisir sekitar topik tunggal.
yang termasuk diantaranya yaitu: CD-ROM,SLIDE,KASET AUDIO,GAMBAR DIAM,STUDY CETAK,TRANSPARASI OVERHEAD tujuan:untuk presentasi dio kelas. Keunggulan : multimedia kits membakitkan minat karena mereka multi sensorik, kits menjadi mekanisme ideal untuk merangsang kerja kelompok proyek kecil, kitys memiliki keunggulan yaitu dapat diangkut dan digunakan di luar kelas(logiostik).
yang termasuk diantaranya yaitu: CD-ROM,SLIDE,KASET AUDIO,GAMBAR DIAM,STUDY CETAK,TRANSPARASI OVERHEAD tujuan:untuk presentasi dio kelas. Keunggulan : multimedia kits membakitkan minat karena mereka multi sensorik, kits menjadi mekanisme ideal untuk merangsang kerja kelompok proyek kecil, kitys memiliki keunggulan yaitu dapat diangkut dan digunakan di luar kelas(logiostik).
7. Hypermedia
dokumen berurut
non terdiri dari teks,audio,informsi visual disampan dalam komputer.
contohnya adalah dengan pembelajaran menggunakan link pada sebuah web.
contohnya adalah dengan pembelajaran menggunakan link pada sebuah web.
8. Media Interaktif
Sistem ini
merupakan sistem pengiriman pembelajaran yang direkam visual,suara,dan bahan
video disajikan di bawah kontrol komputer untuk tinjauan yang tidak tidak hanya
melihat dan mendengar gambar dan suara tetapi juga membuat tanggapan aktif.
Keunggulan: beberapa media.teks,audio,grafik,gambar diam,dan semua gerak gambar dapat dikombinasikan dalam satu system yang mudah digunakan.
Keunggulan: beberapa media.teks,audio,grafik,gambar diam,dan semua gerak gambar dapat dikombinasikan dalam satu system yang mudah digunakan.
9. virtual
realitas
adalah media yang dapat disulasiakn tempat di dunia nyata. Keunggulan: untuk digunakan menggambarkan berbagaqi jenis aplikasi umumnya
terkait dengan mendalam,sangat visual,3D lingkungan.
Bidang-Bidang Aplikasi Multimedia
Aplikasi dalam Bidang
Produksi
Penggunaan aplikasi ini
digunakan untuk merancang dan merakayasa suatu produk misalnya alat-alat
elektronik
dan mesin bahkan dapat pula digunakan untuk memonitor dan mengontrol proses
produksi
dan berkembang menuju ke sistem
manufaktur terintegrasi berbasisi multimedia.
Aplikasi dalam Bidang
Pelayanan Keuangan
Bidang pelayanan
keuangan meliputi pelayanan keuangan personal, pajak, perencanaan keuangan,
sumber pinjaman dan perbankan. Contohnya adalah situs SmartMoney.com.
Aplikasi dalam Bidang
Sistem Informasi
Aplikasi dalam
bidang ini misalnya
aplikasi Sistem Informasi
Akuntansi (SIA), aplikasi
Sistem
Informasi Manajemen (SIM),
aplikasi Decision Support
System (DSS) dan
aplikasi Executive
information
System (EIS).
Aplikasi dalam Bidang
Pemasaran
Penerapan multimedia
dalam bidang ini
tertuju kepada aktivitas
pemasaran, khususnya aktivitas
promosi yang meliputi
periklanan, promosi penjualan,
penjualan perseorangan, public
realtion
dan penjualan langsung
termasuk penjualan melalui jaringan internet. Contoh dari aplikasi ini adalah:
Periklanan televise, Interactive Multimedia Merchandising
(cara perusahaan untuk
menjangkau
dan melayani pelanggan), Merchandising Kiosk,
Video Kiosk , Virtual Shopping, Comparison
Shopping, Mass Market Application.
Aplikasi Multimedia di
Bidang Travel
Apliaksi berbasis Web
digunakan sebagai penerapan layanan perjalanan yang di dalamnyatermasuk
informasi biaya perjalanan, travel news, fitur paket liburan, dan pemesanan online untuk lodging
dan
transportasi melalui darat, laut dan udara.
Aplikasi Multimedia
dalam Bidang Real Estate
Multimedia komputer
memungkinkan pembeli mengunjungi ratusan properti lewat dunia maya, melihat
foto rumah on-screen, memeriksa perencanaan lantai, melihat peta jalan, dan
mempelajari demografi
sekeliling rumah.
Aplikasi Multimedia
dalam Bidang Kesehatan
Dalam bidang
kesehatan, multimedia dapat
mendukung pelayanan dan
fasilitas sistem kesehatan,
ilmu kesehatan,
kantor pendidikan medis,
perpustakaan ilmu kesehatan
dan fotografi medis
serta pelayanan produksi median.
Aplikasi Multimedia
dalam Bidang Hiburan
Dalam bidang hiburan
multimedia digunakan dalam film, musik, radio interaktif, televisi interaktif,
game
elektronik.
Aplikasi Multimedia
dalam Bidang Publishing
Banyak informasi
yang dapat dipublikasikan secara
elektronik melalui dokumentasi
elektronik
misalnya penyajian buku yang setiap materinya dapat terdiri
dari grafik, animasi, audio dan video.
Aplikasi Multimedia
dalam Bidang Pendidikan
Aplikasi multimedia
pendidikan antara lain sebagai perangkat lunak pengajaran, memberikan fasilitas
untuk mahasiswa atau siswa untuk belajar mengambil keuntungan dari multimedia,
belajar jarak jauh
dan pemasaran pendidikan.
Aplikasi Multimedia
dalam Pemerintahan
Aplikasi multimedia
yang paling menonjol dalam bidang kepemerintahan adalah E-Government, Profil
Departemen dan Kios Informasi tentang Kota.
source :
http://hartina129b.blogspot.com/
http://boixosnoiz.blogspot.com