Selasa, 30 November 2010

kehidupana anatara masyarakat desa dengan masyarakat kota

kehidupan masayarakat desa sangatlah berbeda dengan kehidupan di kota . terlihat jelas bahwa orang kota lebih beruntung dibandingkan orang desa , tapi menurut saya tidak juga . walaupun kehidupan dikota lebih enak dibandingkan didesa tapi suasana didesa lebih mneyenangkan dari pada dikota . suasana didesa terasa lebih sejuk, tenteram , nyaman dan lainnya , kalau dibandingkan dengan kehidupan dikota yang semraut, polusi udara dimana-mana , kemacetan dimana-mana dan lainnya .
masyarakat desa cenderung lebih sopan , ramah tamah , dan sangat eratnya tali persaudaraan antar sesama , itulah yang lebih terasa bahwa hidup didesa akan lebih tenang , tentram dan damai . tapi kalau dari segi mata pencaharian , didesa sangat minim untuk mendapatkan mata pencaharian . sangat sempit kalau urusah mata pencaharian yang ada didesa , mungkin yang ada seperti bertani , berkebun , bercocok tanam , atau yang lainnya . itu semua perbandingan yang saya ketahui antara masyarakat desa dan masyarakat kota .
sekarang saya akan menceritakan bagaimana suasana dikota dan didesa sepengetahuan saya ya !
menurut saya suasana dikota memang enak serba ada , mau apa yang dicari juga ada dikota , tapi yang bikin orang gabetah tinggal didesa itu adalah keadaan jalannya yang semaraut , macet dimana-mana , polusi udara , panasnya suasana dikota dikarenakan sudah jarang lagi tumbuh-tumbuhan atau pepohonan yang masih ada . pergaulan anak jaman sekarang dikota sekarang juga sudah kelewat batas karena pergaulan bebas dan kurang perhatiannya orang tua kepada anaknya , karena kesibukan orangtuanya dengan pekerjaannya sehingga melalaikan anaknya , sehingga tak terpantau pergaulan si anak .
kalau suasana didesa itu lebih menyenangkan dibandingkan suasana dikota , salah satunya karena suasan didesa yang terasa masih asri , sejuk , nyaman , damai , tentram , masih banyak nya pepohonan dan perkebunan atau sawa-sawah sehingga terasa sejuk kalau dipedesaan . tidak banyak bunyi klakson motor ataupun mobil dimana-mana yang terdengar karena di desa biasanya orang-orang desa memakai kendaraan andong untuk berpergian jarak dekat . tidak banyaknya polusi yang ada .anak muda didesa juga lebih banyak meluangkan waktunya untuk membantu orang tuanya bekerja di sawah atau yang lainnya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar