Senin, 29 November 2010

perkembangan iptek dan pengaruhnya

Ilmu Pengetahuan dah Teknologi atau sering kita sebut IPTEK semakin perkembangan jaman maka semakin maju pula iptek di bangsa ini . Pada dasarnya IPTEK diciptakan oleh manusia bertujuan untuk membantu kita untuk mempermudah dalam berbagai macam kegiatan . Semakin hari perkembangan IPTEK sangat pesat dari tahun ke tahun . Tak henti hentinya manusia menciptakan IPTEK yang canggih dan modern , karena perkembangan IPTEK didunia sangat bersaing , dan berlomba-lomba menciptakan sesuatu yang baru dan tercanggih , terhebat , dan berkualitas .
Kemajuan IPTEK sangat diimbangi oleh kemajuan IMTAQ , keduanya itu sangat erat hubungannya dan tak dapat dipisahkan . Kehidupan masyarakat sekarang ini tak langsung didorong oleh perkembangan iptek . Segala sesuatunya suda srba canggih namun masih saja ada orang yang belum memanfaatkan IPTEK bahkan sangat sulit untuk menggunakan fasilitas yang didukung oleh perkembangan iptek . Dalam beraktivitas dikehidupan sehari-hari pun tak lepas menggunakan peralatan dari kemajuan teknologi dewasa ini . Contohnya Hanphone atau telepon selular yang hampir semua orang memilikinya baik dari anak-anak, remaja, dewasa, bapak-bapak, bahkan mungkin kakek nenek pada punya semua . Memang banyak menfaatnya , mempermudah dalam berkomunikasi dari jarak jauh sekalipun , dan lainnya , didaerah pedesaan sekalipun sudah dikenalkan dengna teknologi yang satu ini walaupun tak semuanya memilikinya . Kamejuan IPTEK sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari .
Sebenarnya hubungan IPTEK dan kemiskinan sangat lah erat kaitannya , kemiskinan merupakan salah satu masalah turun menurun dari negara berkembang , nemun sebetulnya kita dapat mngantisipasinya dengan berbagai macam perkembangan ilmu pengetahuan alam . Kemungkinan besar generasi pemuda penerus bangsa akan lebih mudah menangkap berita dan mendapatkan informasi dari perkembangan teknologi yang ada sehingga wawasan akan semakin bertambah dan dari situlah awal generasi muda menjadi tulang punggung masa depan bangsa Indonesia nantinya , dan juga pemerintah harus membantu dalam hal seperti ini , misalnya perlunya pemerintah kita menyebarluaskan dan memeratakan fasilitas belajar yang akan menunjang IPTEK .
IPTEK dan kemiskinana sangat jelas hubungannya walaupun tidak berkaitan langsung dan juga bukan jadi penyebab satu-satunya kemiskinan . Sebab salah satu penyebab kemiskinan menurut saya berasal dari pola pikir manusia itu sendiri yang tak mau maju atau berkembang .
Masyarakat didesa lebih maju dari pada masyarakat di perkotaan karena masyarakat desa kurang mendapatkan pendidikan yang formil . Alesan mereka karena jauhnya rumah mereka ke sekolah sehingga mereka lebih memilih membentu orang tua nya bekerja , sehingga mereka hidup dibawah garis kemiskinan bahkan beberapa diantara mereka hidupnya sangat memprihatinkan . Sangat sedih sekali kalau melihat kehidupan anak-anak didaerah pedesaan yang kurang maju dibandingkan anak-anak yang tinggal di daerah perkotaan .
Sebenarnya mereka bisa membebaskan diri mereka msing-masing dari dunia kemiskinan kalau mereka menanggapinya dengan hal positif dan mau berusaha dan bekerja keras . Saya ingin kalau kehidupan didesa menjadi semakin maju atau sama dengan kehidupan di daerah perkotaan . Tetapi kini saya merasa sedikit lega karena pemerintah telah menjalankan program BOS atau bantuan operasi sekolah yang membantu warga pedesaan untuk mendapatkan program wajib belaja 9 tahun .
itu dapat memotifasi anak-anak agar lebih semangat untuk belajar dan menjadikan mereka untuk lebih maju kedepannya. Anak-anak Indonesia adalah generasi penerus bagi bangsa Indonesia. Anak-anak bisa membuat bangsa Indonesia dikenal di seluruh dunia tidak hanya dalam bidang pendidikan tetapi dalam bidang apapun. Contohnya saja, anak Indonesia ada yang berhasil menorehkan prestasi di dunia hingga dapat membanggakan nama negar kita ini di dunia internasional.
Dengan program pemerintah tersebut, anak-anak pedesaan yang masih hidup di bawah garis kemiskinan dan mendapatkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sama dengan anak-anak yang tinggal di daerah perkotaan. Dan semoga saja dengan diadakannya program tersebut oleh pemerintah dapat menjadikan anak-anak Indonesia lebih cerdas, maju dan berkembang serta dapat membanggakan nama Indonesia ke dunia pendidikan Internasional.
Dengan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat membantu masyarakat kita terbebas dari derita kemiskinan. Semoga negara kita dapat cepat lepas dari berbagai masalah yang telah lama menyelimuti negara kita ini. Permasalahan di negara kita ini dapat terselesaikan apabila rakyat Indonesia juga ikut membantu dan selalu kompak dalam berkehidupan bebrbangsa dan bernegara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar